Sabtu, 07 Juli 2012

KUMPULAN INFO KEREN (KUMINKER)

Siapa bilang bahasa Jawa hanya dipakai di Pulau Jawa? Bahasa ini digunakan oleh lebih dari 65 ribu orang di Suriname dan 30 ribu orang di Belanada. Orang Jawa Suriname dulunya adalah kuli kontrak perkebunan yang didatangkan dari Tanah Jawa pada akhir abad ke-19 menggantikan peran budak Negro dari Afrika. Itulah kenapa Bahasa Jawa di Suriname menjadi bahasa yang paling aktif dipakai dengan lokasi asal terjauh di dunia, 19.600 km dari Indonesia.

Sendratari Ramayana sudah dipentaskan ke publik selama 51 tahun di Candi Prambanan, Yogyakarta, tepatnya sejak 28 Juli 1961.  Pertunjukan ini mampu menyatukan ragam kesenian Jawa mulai dari tari, drama, sampai musik dalam satu panggung. Sesuai namanya, Sendratari Ramayana, yaitu epos legendaris karya Empu Waliki yang ditulis dalam bahasa sansekerta seperti yang terpahat pada candi Prambanan.

Fashion Capital adalah kota-kota di dunia yang menjadi pusat industri fashion. Mungkin kita sudah tahu fashion capital yang masuk dalam kelompok big four, yaitu London, Milan, New York dan Paris. Tapi pasti enggak banyak yang tahu kalau Bali adalah fashion capital nomor 19 di dunia. Sementara kalau di Asia, Bali menempati peringkat kelima di bawah Hongkong, Singapura, Tokyo dan Shanghai. Jadi bangga nih??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar